Senin, 28 Mei 2012

Warisan Dunia Yang Dalam Kondisi Bahaya

UNESCO menetapkan situs situs sebagai situs warisan dunia untuk menjaga situs tersebut agar terjaga kelestarianya dan ancaman kepunahan. Namaun seiring waktu walaupun UNESCO telah menetapkan situs tersebut sebagai warisan dunia ancaman kerusakan dan bahaya masih saja terjadi nah berikut ini ada 10 Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dalam Bahaya inggin tahu apa aja itu simak berikut ini.
1.  Air and Ténéré Natural Reserves

Situs warisan dunia ini terletak di Air and Ténéré Natural Reserves merupakan situs warisan dunia berkategorikan alam. UNESCO  menetapkan Air and Ténéré Natural Reserves sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 dan ternacam bahaya oleh UNESCO pada tahun 1992 akibat  Konflik militer dan kerusuhan di daerah serta penurunan populasi satwa liar dan degradasi tutupan vegetas.
2. Ashur (Qal’at Sherqat)

Situs warisan Dunia ini terletak di  Salah ad Din, Irak merupakan situs warisan Dunia berkategorikan budaya. UNESCO menetapkan Ashur (Qal’at Sherqat) sebagai situs warisan Dunia pada tahun 2003 dan pada tahun yang sama juga UNESCO menyatakan situs ini dalam keadan bahaya akibat  Sebuah waduk yang direncanakan akan membanjiri sebagian situs itu ditangguhkan dibangun dari Perang Irak pada pemerintahan baru, kurangnya perlindungan yang memadai.
3. Katedral Bagrati dan Biara Gelati

Situs warisan Dunia ini terletak di Imereti,  Georgia merupakan situs warisan Dunia berkategorikan budaya. UNESCO menetapkan Katedral Bagrati dan Biara Gelati sebagai situs warisan budaya dunia pada tahun 1994 dan pada tahun 2010 UNESCO menyatakan situs warisan dunia ini dalam bahaya akibat  Rekonstruksi besar proyek yang akan mengarah pada intervensi ireversibel dan merusak keaslian dan integritas situs.
4. Cagar Alam Karang Penghalang Belize

Situs warisan Dunia ini terletak di Belize, Stann Creek dan Toledo  Belize merupakan situs warisan budaya dunia berkategorikan alam. UNESCO menetapkan Cagar Alam Karang Penghalang Belize sebagai situs warisan Dunia pada tahun 1996 dan pada tahun 2010 UNESCO menyatakan situs warisan dunia ini terancam karena Pemotongan bakau dan pembangunan yang berlebihan.
5. Taman Nasional Comoé

Situs warisan Dunia ini terletak di Zanzan, Pantai Gading merupakan situs warisan budaya dunia berkategorikan alam . UNESCO menetapkan Taman Nasional Comoé sebagai situs warisan  dunia pada tahun 1983 dan pada tahun 2003 UNESCO menyatakan situs warisan dunia terancam karena  kerusuhan sipil, perburuan dan kurangnya mekanisme manajemen yang efektif.
6. Coro dan Pelabuhannya

Situs warisan Dunia ini terletak di Falcón, Venezuela merupakan sitsu warisan Dunia berkategorikan  budaya. UNESCO menetapkan Coro dan Pelabuhannya sebagai situs warisan budaya dunia pada tahun 1993 dan pada tahun 2003 UNESCO menyatakan situs warisan dunia ini terancam akibat kerusakan sejumlah besar struktur akibat hujan deras antara November 2004 dan Februari 2005 serta pembangunan sebuah monumen baru di jalan pantai dan gerbang pintu masuk ke kota di zona penyangga yang dapat memiliki dampak besar terhadap nilai situs.
7. Budaya Lansekap dan Peninggalan Arkeologi di Lembah Bamiyan

Situs warisan Dunia ini terletak di Bamyan, Afganistan merupakan situs warisan Dunia berkategorikan budaya. UNESCO menetapakan  Budaya Lansekap dan Peninggalan Arkeologi di Lembah Bamiyan sebagai situs warisan dunia pada tahun  2003 dan pada tahun 2003 juga UNESCO menetapkan situs warisan dunia ini terancam akibat  Konservasi yang keadaannya rapuh karena ditinggalkan, aksi militer dan ledakan dinamit, menyebabkan bahaya seperti risiko keruntuhan relung Buddha, kerusakan lebih lanjut dari lukisan dinding gua, penjarahan dan penggalian ilegal
8. Taman Nasional Everglades

Situs warisan dunia ini terletak di Florida, Amerika Serikat merupakan situs warisan budaya dunia berkategorikan  alam.  Unesco menetapkan Taman Nasional Everglades sebagai situs warisan dunia pada tahun  1979  dan pada tahun 1993–2007, 2010 UNESCO menyatakan situs warisan budaya dunia ini terancam akibat kerusakan Badai Andrew dan penurunan aliran air dan kualitas karena pembangunan pertanian dan perkotaan (1993), terus mengalami degradasi di situs yang mengakibatkan hilangnya habitat laut dan penurunan spesies laut (2010).
9. Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works

Situs warisan Dunia ini terletak di Tarapacá,  Chile merupakan situs warisan Dunia berkategorikan  budaya. UNESCO menetapkan Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works sebagai warisan Dunia pada tahun  2005 dan pada tahun yang sama UNESCO juga menetapkan situs ini terancam akibat  Sifat struktur rapuh karena kurangnya pemeliharaan selama 40 tahun, juga kerusakan, vandalisme dan beberapa pembongkaran; penjarahan.
10. Benteng dan Shalamar Gardens di Lahore

Situs warisan Dunia ini terletak diPunjab, Pakistan merupakan situs warisan Dunia berkategorikan budaya. Unesco menetapkan Benteng dan Shalamar Gardens di Lahore sebagai situs warisan Dunia pada tahun 2005 dan pada tahun 2000 unesco menetapakan situs ini terancam akibat  Penghancuran tangki air bersejarah pada tahun 1999 untuk memperluas jalan dan memperburuk dinding batas, terdaftar atas permintaan pemerintah Pakistan.




Spektakuler Kan ? [[ Adhi Setia Putra Asp ]]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar