Selasa, 08 Mei 2012

Tips Memilih Program Study Pendidikan Tinggi

Tips Memilih Program Study Pendidikan Perguruan Tinggi  kali ini Lubang Kecil share tentang Tips Memilih Program Study Pendidikan Tinggi - Buat anda sedikit tips bagi yang ingin melanjutkan di perguruan tinggi nahhh silahkan simak informasinya dibawah ini semoga bermanfaat dan mendapatkan perguruan tinggi yang sesuai untuk agan sekalian.

Untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi Tips Memilih Program Study Pendidikan Tinggi  sering dibutuhkan agar pilihan yang akan dipilih menjadi tepat sasaran, namun seorang calon mahasiswa terlebih dahulu harus dapat mengukur kemampuannya, menentukan bidang apa yang diminatinya, menentukan jenis program pendidikan yang diinginkannya, dan mencari informasi mengenai perguruan tinggi mana yang menyelenggarakan bidang yang diminatinya tersebut.

Tips Memilih Program Study Pendidikan Tinggi bisa dilakukan dengan berbagai pertimbangan termasuk menanyakan pada dirinya, apa yang menjadi cita-citanya? Keahlian apa yang diperlukan bila seorang mahasiswa memilih karir tertentu? Apakah calon mahasiswa yang bersangkutan ingin belajar jauh dari orangntuanya? Berapa dana yang dibutuhkan? Pendeknya, ada beberapa yang yang dapat digunakan sebagai pertimbangan ketika akan memilih suatu perguruan tinggi, antara lain bidang studi, jurusan, biaya, reputasi perguruan tinggi yang bersangkutan, status akreditasi, fasilitas pendidikan yang tersedia, serta kualitas dan kuantitas dosen yang dimilikinya.

Tips Memilih Program Study Pendidikan Tinggi bisa diawali dari bidang studi dimana Bidang Studi merupakan hal pertama yang harus diperhatikan para calon mahasiswa adalah minat yang akan berkaitan dengan bidang studi yang hendak ditekuni oleh calon mahasiswa. Untuk memilih bidang studi ini, jangan segan-segan utnuk mencari informasi termasuk kepada orangtua, teman maupun guru. Lebih baik lagi jika bertanya kepada orang telah terjun langsung ke dunia kerja di baidang yang diminatinya. Intinya adalah pastikan bahwa calon mahasiswa atau orangtua mengerti benar tentang perbedaan antara satu bidang studi dengan bidang studi yang lain, terutama bidang studi yang memiliki kemiripan.

Untuk mendapatkan informasi mengenai bidang studi di perguruan tinggi, calon mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas Internet, melalui website-website dari perguruan tinggi yang dituju. Atau dapat juga melakukan pencarian dengan Google dan bertanya melalui mailing list.

Salah satu hal yang sangat penting lainnya sebagai Tips Memilih Program Study Pendidikan Tinggi adalah pertimbangan biaya kuliah. Sebaikan terlebih dahulu bicarakan dengan orang yang akan membiayai kuliah, atau telilti keadaan keuangan yang dimiliki bila akan membiayai kuliah sendiri. Sesuaikan jumlah dana yang tersedia dengan biaya kuliah di perguruan tinggi yang akan menjadi pilihannya.

Dalam pelaksanaan Tips Memilih Program Study Pendidikan Tinggi maka buatlah rencana pembiayaan untuk melihat jumlah dana yang tersedia selama masa studi. Jangan mengandalkan pekerjaan sampingan. Pastikan bahwa dana yang dimiliki cukup untuk membiayai kuliah sampai selesai. Risiko apabila dana tidak mencukup adalah kerugian yang cukup besar, yaitu dana yang telah dikeluarkan sudah banyak, waktu terbuang percuma dan kuliah tidak selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar