Jumat, 18 Mei 2012

Keajaiban Sains dalam Islam (Part I)

Agan sekalian pernah denger soal destilasi ga..?? mungkin buat anak2 kimia faham soal destilasi. Menurut situs bikinan Jimmy Wales, A.K.A Wikipedia, Destilasi itu adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap bahan.

Dalam penyulingan, campuran zat dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan. Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap lebih dulu.

Itu nama prosesnya sedangkan untuk sistemiknya atau boleh dikatakan dalam penerapan dalam dunia industri sendiri baru-baru ini cukup marak seperti depot isi ulang.

Keajaiban Sains dalam Islam

Proses penyaringan air (Filtrasi) dan pemisahan Air (Destilasi) merupakan proses untuk memperoleh hasil berupa air yang baik dan layak minum. Dari air yang semula didapat dari berbagai sumber (Seperti sumur, sungai, atau sumber mata air) menjadi air layak konsumsi.

Agan sista tau ga kalo hal ini dijelasin ama sebuah kitab yang diturunkan lebih dari 1400 tahun yang lalu. Emang sih mengingat umur nee kitab terkesan tua, tapi beegghhh isinya cuuuyyy update abis. Ga percaya…???

Coba daah agan/sista sekalian buka Al Qur’an surah Al Furqaan ayat ke 48.

Di sana ada ayat yang artinya adalah sebagai berikut :

وَهُوَ الَّذِي أَرْسَلَ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا

"Dia lah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan), dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih," (QS 25:48)

Disana ada kata “Yang amat Bersih” bersih sendiri dalam ayat tersebut adalah Thahuran, yang berasal dari kata Thaharah yang berarti penghapusan dari kotoran.

Nah Loo, apa hubungannya kata Thaharah dengan Destilasi dan Filtrasi di zaman modern..??

Agan/ sista tau ayat itu tentang apa…??? Ayat itu ngebahas soal air hujan.

Berarti air hujan air yang bersih dong…??? Yup bener bangettss, Faktanya Para ilmuwan mengungkapkan segelas air yang kita minum mengandung banyak zat dan organisme, zat berupa karbon, mineral, aluminium, magnesium, dsb. Dan semua kandungan itu kita sebut sebagai Pure water atau air murni.

Terus gimana Air hujan bias jadi Air murni…???

Menurut para Ilmuwan, Air Murni ini sendiri didapat melalui pemanasan dengan titik didih yang mencapai 100 derajat celcius. Kemudian menghasilkan uap dan mendinginkannya. Hasil inilah air suling yang terbaik yang pernah ada. Bahkan menurut para Ilmuwan, air hujan sebelum mencapai tanah serta belum tercampur dengan polusi udara.
Amazing banget ga tu…

Sebuah proses semodern itu sudah tertulis dalam kitab berusia 1000 tahun lebih, itulah makanya air hujan dalam surah Al Furqan dikatakan sebagai air sulingan terbaik (Bersih/Murni) yang pernah ada. Maka benarlah kalimat dalam ayat itu bahwa “dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih”.

source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12291249

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar