Kamis, 31 Mei 2012

Indonesia Akan Produksi Mobil Listrik Secara Masal

Isu mengenai proyek mobil nasional memang sudah tersengar sejak dulu. Beberapa instansi pun telah mengembangkan mobil nasional ataupun mobil ramah lingkungan. Tercatat beberapa universitas dan SMK juga turut berpartisipasi dalam mengembangkan konsep mobil irit BBM. Namun, dari kesemuanya itu belum ada yang mampu penjadi project leader pengembangan mobil nasional.

Indonesia Akan Produksi Mobil Listrik Secara Masal
Ilustrasi Mobil listrik

Sebuah pernyataan Menteri BUMN Dahlan Iskan baru-baru ini cukup mengejutkan. Dahlan mengatakan bahwa Indonesia akan memproduksi mobil listrik secara masal tahun depan (2013) . "Tahun depan mobil listrik sudah mulai bisa diproduksi, tetapi tentu saja harus dikaji terlebih dahulu," kata Dahlan usai menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) 2012 di Jakarta, Selasa (29/5).

Menurut Dahlan, proses awal produksi akan dilakukan terlebih dahulu membangun prototip mobil listrik tersebut, yang akan diserahkan kepada PT Pindad dan PT Inka. Setelah mereka berhasil membuat prototip kemudian akan dipilih mana yang terbaik dan sekiranya mampu memproduksi mobil listrik tersebut. Dikatakan juga, bahwa jenis mobil yang akan diproduksi adalah jenis city car yang membutuhkan waktu selama satu bulan.

Indonesia Akan Produksi Mobil Listrik Secara Masal

Selain membuat mobil listrik, Indonesia juga akan menjadi produsen motor listrik sebagai komponen utama penggerak mobil listrik. Sebuah mobil membutuhkan 150 motor listrik. Ditargetkan Indonesia mampu memproduksi motor penggerak untuk 5.000 unit mobil per tahun.

Proyek produksi mobil listrik ini menjadi proyek mobil nasional, pasalnya semua komponen akan dibuat di dalam negeri. Semoga saja bukan hanya sekadar wacana.

Indonesia Akan Produksi Mobil Listrik Secara Masal

source: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14705976

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar