Minggu, 08 April 2012

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

PBB memperkirakan bahwa lebih dari satu miliar orang di dunia tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman dan jutaan orang meninggal di seluruh dunia setiap tahunnya sebagai akibat penyakit yang ditularkan melalui air. Selain itu, kenaikan tingkat polusi dalam air membuat sebagian besar orang memilih untuk mengkonsumsi air botol, yang menimbulkan sampah plastik. desainer Industri telah mencoba untuk memecahkan masalah ini dengan sistem pemurnian air yang cerdik, mudah digunakan dan juga membantu dalam mengurangi sampah plastik.

Berikut adalah daftar dari 10 sistem pemurnian air seperti yang dirancang untuk membantu lingkungan dan masyarakat.

H2Go Water Purifier

Dirancang oleh Kiba Desain, pemurni air ini bisa menjadi keuntungan bagi negara maju maupun negara-negara berkembang. Pemurni air berbentuk botol donat menyenangkan ini menarik orang untuk membawa botol air daripada membeli air kemasan.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

Alat pembersih menggunakan penyaring filter aktif karbon perak dan membran penyaring mikro. setelah melewati filter air akan melewati disk bergerigi, dan menyisakan air bersih dan minum.

Aqualris

Adalah pemurni air non-listrik oleh desainer industri Talia Radford. alat pembersih ini bekerja dengan modulasi sinar matahari untuk frekuensi UVC, yang kemudian memurnikan air.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

Perangkat membawa serangkaian lensa untuk melakukan tugas dan air melewati bagian bawah lensa ini dan masing-masing molekul lensa terkena sinar dari sinar ultraviolet, yang membunuh semua bakteri yang mungkin ada dalam air. Pemurni air Aqualris dapat memurnikan 300ml air dan menghapus sistem penyaringan mekanis.

H2O Water Cycle

Adalah gagasan dari desainer Diego Andres Martinez, yang telah dirancang untuk menghilangkan kontaminan dari air, dengan menggunakan dua proses dalam satu paket. Proses pertama, disebut Sodis, adalah proses tenaga matahari, yang memanfaatkan sinar UV-A untuk menghapus patogen.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

Dalam proses kedua, air direbus untuk menghasilkan uap. Selama penguapan, semua kontaminan padat akan hilang dan uap yang terkondensasi menghasilkan air minum. Akhirnya, filter karbon aktif yang mampu menghilangkan semua bau yang ada di dalam air yang terkontaminasi.

Slingshot Water Purifier

Dean Kamen menggunakan kekuatan alternatif dan mesin generator listrik berbasis Stirling yang bekerja dengan pemanfaatan kotoran sapi.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

Pemurni air seharga $ 1.500 ini akan menghasilkan 1000 liter air per hari, sementara generator $ 3.700 menghasilkan sekitar 1 kW, yang cukup untuk memberikan cahaya untuk sebuah desa kecil. Sebagian besar desa di negara-negara dunia ketiga masih membutuhkan listrik dan air minum yang bersih, gadget ini sangat praktis digunakan.

Solaqua

Oleh Jason Lam adalah pemurni air bertenaga surya yang dapat menghasilkan hingga 10 liter air minum yang aman. Menggunakan sinar ultraviolet dan infra merah dari matahari untuk menghilangkan patogen yang ada dalam air yang terkontaminasi.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

Air awalnya melewati sebuah kain sari untuk meningkatkan efisiensi desinfeksi air surya. Lalu lima saluran mengisi lima botol yang dirancang khusus untuk memperoleh 10 liter air. Kelima botol tersebut kemudian menyebar di tanah untuk memungkinkan paparan sinar matahari maksimum. Permukaan botol ini berwarna hitam untuk menyerap panas lebih banyak, sedangkan di bagian botol ini adalah reflektif untuk memantulkan sinar UV dalam botol.

Aquaduct

Memungkinkan untuk mendistribusikan air dalam skala yang cukup besar dan secara bersamaan memungkinkan Anda untuk memurnikan dengan daya pedal.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

Sepeda ini memenangkan penghargaan tertinggi Innovate atau Die contest pada 2008. Dibuat oleh IDEO, benar-benar keuntungan bagi mereka yang belum mampu untuk memuaskan kehausan mereka dengan air bersih dan bebas polusi.

Watercone

Pengguna dapat menuangkan sampai dengan 1,7 liter air kotor dalam panci hitam dan menutupinya dengan kerucut transparan.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

Taruhlah perangkat di bawah sinar matahari langsung yang memanaskan air dan mengubahnya menjadi uap. Seperti air menguap, meninggalkan kotoran di panci dan air bersihnya mengembun pada permukaan kerucut. Setelah beberapa jam kerucut dapat dikosongkan ke dalam botol air bersih atau gelas.

Aquaovo’s Ovopur

Adalah pemurni air ramah lingkungan yang menggunakan metode sedimentasi kuno pada prosesnya. Terbuat dari porselen, kaca dan logam dan lebih mirip miniatur putaran, berperut buncit bentuk manusia dari pemurni air.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

keunikannya terletak dalam penggunaannya yang sangat inovatif dengan gravitasi untuk menyaring racun bakteri berbahaya dan bukan listrik yang menggunakan alat pemurnian air konvensional.

STER UV

Oleh desainer industri Olivia Blechschmidt yang dirancang untuk bekerja cepat, sederhana, kompak dan intuitif pemurnian air untuk memastikan suatu lingkungan dapur bersih dan sehat.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

Desain ini memiliki lampu UV tipis dan ringan bergerak bersama dengan pengisi daya induksi. Adukan ini dapat memurnikan air secara langsung dalam gelas atau teko dan tidak memerlukan penggantian baterai.

Rewave

Adalah perangkat air portabel desalinating yang menggunakan energi gelombang untuk menyediakan air minum. Dirancang oleh Yu-Hong Chen, perangkat akan membantu Anda mengkonversi air laut menjadi air minum, sehingga ideal untuk digunakan di daerah pesisir.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

Perangkat mengapung di atas air dan memanfaatkan energi dari gelombang. Terdapat lobang di bagian bawah dan memungkinkan air laut untuk melewati area motor. Setelah proses ini selesai, air tawar terakumulasi di bagian atas dan keluar melalui pipa.

LifeStraw

Kelihatan sederhana namun manfaatnya bagi mereka yang kekurangan air bersih sangatlah besar. Dengan LifeStraw air yang kotor dapat langsung diminum, namun tidak menyebabkan orang yang meminumnya menjadi sakit.

LifeStraw adalah filter air yang dirancang oleh Vestergaard Frandsen dari Swiss. Vestergaard Frandsen sendiri merupakan sebuah perusahaan Eropa berbasis Internasional yang bergerak dibidang kemanusiaan dan mengkhususkan diri dalam tanggap darurat atas permasalahan yang kompleks. Mereka juga membuat produk-produk untuk pengendalian penyakit.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

Model-model LifeStraw :

LifeStraw Personal filter minimum 700 liter air, cukup untuk satu orang dan satu tahun.

LifeStraw Family menyaring paling sedikit 18.000 liter air, menyediakan air minum yang aman untuk sebuah keluarga selama lebih dari dua tahun.

Lifestraw menghilangkan 99,9999% bakteri yang menular melalui air, 99,99% virus, dan 99,9% parasit.

Penyakit yang dapat dicegah antara lain difteria, kolera dan diare. LifeStraw dapat menyaring hingga 700 liter air sebelum harus diganti.

Cara kerja LifeStraw

Semua proses ini dilakukan hanya dengan menghisap secara reguler, tidak beda jauh ketika menggunakan pipet minuman konvensional sehari-hari.

Pemurni Air Yang Ramah Lingkungan

Inovasi-inovasi yang diberikan oleh LifeStraw sangat mengesankan sehingga disebut sebagai salah satu temuan terbesar di 2005 oleh Time Magazine dan memenangkan Index Award untuk inovasi di bidang desain yang akan secara signifikan memperbaiki hidup manusia.

Biaya yang murah dan imbas langsung yang bisa dimiliki oleh LifeStraw ketika mencapai orang-orang yang membutuhkan akan menjadikan alat ini sebagai alat yang sempurna untuk para kelompok-kelompok amal di dunia.

Dikombinasikan dengan upaya-upaya baru untuk menyediakan sumur dan waduk-waduk bagi masyarakat, LifeStraw bisa memberikan kontribusi langsung yang signifikan bagi krisis air global yang kita hadapi.

Dengan mewujudkan Tujuan Pembangunan Milenium yakni mengurangi setengah jumlah orang yang tidak memiliki akses berkelanjutan terhadap air minum yang aman pada tahun 2015.

LifeStraw juga bisa menjadi cara yang jitu untuk mengatasi kebutuhan mendesak akan air oleh para korban bencana alam seperti angin badai, gempa bumi dan lain-lain.

source:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13684617
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8001022

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar