Kamis, 19 April 2012

Waspada Aplikasi Instagram Palsu

Jum'at, 20 April 2012, 10:13 WIB
Karlina Octaviany
Aplikasi Photo Sharing, Instagram (fastcompany.com)
 
Selain berhasil menarik perhatian Mark Zuckerberg dan Facebook, popularitas aplikasi foto Instagram juga memancing pelaku kejahatan cyber untuk berkreasi. Maka, sudah beredar aplikasi Instagram palsu. Menurut perusahaan keamanan Sophos, tujuan aplikasi itu untuk menguras uang dari pengguna melalui pesan SMS. Ini tergolong kejahatan modus baru.

Sophos telah mengidentifikasi Instagram tiruan yang diduga dibuat para kriminal asal Rusia. Aplikasi ini dimuat pada situs selain Google Play. Apabila Anda mengunduhnya, malware ini akan mengirim pesan SMS dari perangkat Android Anda.

Sayang, Sophos tidak menjelaskan cara para penjahat cyber itu menghasilkan uang dari pesan teks yang dikirimkan. Langkah penipuan yang populer biasanya mengirim pesan teks ke nomer premium yang akan mengenakan biaya pada akun pengguna.

Satu cara mengidentifikasi apabila Anda mengunduh aplikasi ini dengan melihat foto orang paling kanan dalam foto di bawah:
Foto dalam File .APK Aplikasi Instagram Palsu

Menurut Sophos seperti dikutip dari Mashable.com, beberapa versi dari foto ini tampil dalam file .APK aplikasi palsu. Beberapa orang mengidentifikasi foto ini sebagai meme dari Rusia.

"Mungkin alasan foto ini dimuat beberapa kali untuk mengubah jejak file .APK dengan harapan pemindai anti-virus yang dalam pengembangan tertipu dengan tidak mengenali aplikasi ini sebagai paket berbahaya," ujar konsultan teknologi Sophos, Graham Cluley.

Malware ini muncul setelah Instagram mencapai 5 juta pengunduh kurang dari seminggu sejak rilis pada 5 April.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar