Kamis, 19 April 2012

Manchester United [MU] Kembali Jadi Tim Terkaya Di Dunia



Pemain Manchester United merayakan gol (REUTERS/Phil Noble)
 Manchester United kembali dinobatkan sebagai klub olahraga terkaya di dunia oleh majalah Forbes. Kekayaan The Red Devils diyakini mencapai £1,4 miliar atau setara Rp20,6 triliun.

Ini adalah kali kedelapan beruntun MU mendapat predikat klub terkaya dari majalah Forbes. Kesuksesan MU tahun lalu, dengan merebut gelar Premier League ke-19 dan melangkah ke final Liga Champions, telah meningkatkan pendapatan mereka dalam satu tahun terakhir.

"Basis fans global Manchester United yang mencapai 330 juta fans, juga membantu mereka menjadi klub terkaya di semua cabang olahraga, lebih kaya £240 juta (setara Rp3,5 triliun) dari New York Yankees (MLB) dan Dallas Cowboys (NFL)," demikian pernyataan Forbes.

Sepanjang musim 2010/2011 tim besutan Sir Alex Ferguson itu meraup keuntungan mencapai £120 juta (setara Rp1,7 triliun) hanya dari hak siar. Torehan itu naik 22 persen dari musim sebelumnya. Sedangkan dari ajang Liga Champions, MU mendapat £50 juta (setara Rp737 miliar).

Untuk kategori klub sepakbola, Real Madrid berada di urutan kedua di belakang MU. Los Blancos memiliki kekayaan hingga £1 miliar (setara Rp14,7 triliun), disusul Barcelona dengan £816 juta (setara Rp12 triliun) dan Arsenal dengan £800 juta (setara Rp11,7 triliun).

Selanjutnya ada Bayern Munich dengan £766 juta (setara Rp11,2 triliun), Chelsea dengan £474 juta (setara Rp7 triliun) dan Liverpool dengan £386 juta (setara Rp5,6 triliun).

MU berpeluang kehilangan predikat klub terkaya tahun depan dengan tersalip Real Madrid atau Barcelona. Kedua klub asal Spanyol itu mendapat pendapatan lebih besar dari MU musim lalu. Madrid dan Barcelona juga berpeluang melangkah ke final Liga Champions musim ini, sedangkan MU sudah tersingkir dari babak penyisihan grup.






Spektakuler Kan ? [[ Adhi Setia Putra Asp ]]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar