Kamis, 05 April 2012

Cara Membuat Rating Bintang Otomatis

Cara Membuat Rating Bintang Otomatis - Rating bintang adalah cara untuk mempercantik artikel sobat pada search engine google, karena ketika kita mengetikkan judul posting kita pada search engine google maka disamping judul akan muncul bintang sesuai dengan rating yang dimiliki. Rating bintang itu sendiri sering disebut dengan rich snippets. Biasanya rating bintang digunakan untuk menarik visitors karena visitor kebanyakan suka dengan tampilan yang keren dan unik. Mungkin rating bintang ini dapat sobat gunakan untuk menarik lebih banyak visitors pada blog sobat. Untuk cara membuat rating bintang otomatis silakan simak tutorial berikut:

Tutorial 1
- Buat dulu profil Google +. Disini saya tidak menjelaskan tentang cara membuat profil Google + karena tutorial ini langsung membahas mengenai cara membuat rating bintang.

Tutorial 2
- Login ke blogger sobat
- Masuk ke tab rancangan - edit HTML - centang Expand Template Widget
- Cari kode <head>. untuk mudahnya tekan F3
- Masukkan kode dibawah ini.
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><link href='https://plus.google.com/110338279875453788' rel='publisher'/> </b:if>

Kode yang berwarna merah diatas, sobat ganti dengan kode url Google + sobat.

Tutorial 3
- Jika sudah tutorial 2 jangan simpan dulu. Tambahkan kode berikut tepat dibawah <body>
<div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
- Dan tambahkan juga kode </div></div> diatas </body>

Tutorial 4
Untuk pemasangan rating bintang ada dua tampilan, yaitu rating bintang dengan bintang maksimal 5 dan 10. Silakan pilih yang sobat suka. Berikut kelanjutan tutorialnya.

- Ini untuk rating bintang dengan bintang maksimal 5
- Cari kode <data:post.body/> dan masukkan kode dibawah ini dibawahnya.
Description: <span itemprop="description"><data:post.title/></span> Rating: <span itemprop='rating'>4.5</span> Reviewer: <span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span> -  ItemReviewed: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span>

- Ini untuk rating bintang dengan bintang maksimal 10
- Cari kode <data:post.body/> dan masukkan kode dibawah ini dibawahnya.
<div itemscope="" itemtype="http://data-vocabulary.org/Review-aggregate"> <span itemprop="itemreviewed"><data:post.title/></span> <span itemprop="rating" itemscope="" itemtype="http://data-vocabulary.org/Rating"> <span itemprop="average">9</span>out of <span itemprop="best">10</span> based on <span itemprop="votes">10</span> ratings. <span itemprop="count">9</span> user reviews. </span></div>

Tutorial 5
- Untuk mengecek apakah rating bintang yang kita pasang tadi sudah tampil atau belum dengan mengunjungi website berikut http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets?
- Masukkan salah satu url posting sobat pada website diatas dan jika berhasil maka rating bintang sobat akan tampil dengan sendirinya.

Berikut contoh gambar rating bintang pada blog ini :
Itulah tutorial cara membuat rating bintang otomatis di blogspot, sebenarnya penempatan kode bintang tidak harus dibawah <data:post.body/> karena kode bintang itu sendiri bisa anda taruh dimana saja sesuai keinginan sobat asalkan tertata dengan rapi. Namun saya sarankan untuk membackup data sobat terlebih dahulu sebelum memulai tutorial ini.

Sumber : wahyu-winoto.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar