Sabtu, 10 Maret 2012

Membuat Baterai (Listrik) Dari Buah

Buat para backpacker atau buat yang suka percobaan maupun kepepet, disini saya mau coba share tentang membuat baterai/listrik dari buah. Nah, percobaan dimulai dari ngubek kulkas, disana saya cuma nemu tomat ijo (kecil) yang biasa buat tumis-tumis teri. Percobaan dimulai.

1. Siapkan buah (tomat).

Membuat Baterai atau Listrik Dari Buah Tomat

2. Siapkan potongan seng dan tembaga. (kalo ane, seng dari pintu, tembaga dari kabel utp).

Membuat Baterai Listrik Dari Buah

3. Tusuk seng dan tembaga di tomat, kalo bisa jaraknya deket-deketan gan…


4. Langsung diukur aja gan , siapkan multimeter, (ane punyanya yang analog) ke Volt meter skala 10, dengan:

- Jarum Positif (merah) ke tembaga,
- Jarum Negatif (hitam) ke seng,


5. Liat apa yang terjadi gan… Ini ane kasi liat hasil percobaannya (asli gan bisa di liat jarum menyimpang).


6. Ni ane foto dari deket gan biar lebih jelas.


Terbaca hampir 1V gan… sekitar 0,95 V

KESIMPULAN:

Prinsip dasarnya seperti aki/accu gan, nanti lengkapnya ane jabarin menyusul. Pokonya rangkaian ini bisa menjadi baterai natural, untuk tegangan menghasilkan hampir 1V dan arusnya (ane gak ngeri baca multimeter analog ) tapi yang ane liat di pengaturan 2,5DCmA jarum ke arah bar ke 2 dari skala 0-50 DCV.A)

- Rangkaian ini bisa diseri layaknya batere yang artinya bisa menggunakan beberapa tomat

- Mohon Maaf kalo gambar blur dan ane ga punya lampu cabe biar lebih keren

- Kegunaan lainnya bisa dibuat membuat api saat agan ada di alam yaitu dengan mengadu kedua ujungnya diantara tissue atau serabut kayu kering.

~happy share~

source:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6154118

Tidak ada komentar:

Posting Komentar