Selasa, 20 Maret 2012

Profil Dari Pratyyoda Bhayangkara Indonesian Idol 2012



NAMA Oda cukup populer di kalangan remaja, khususnya pencinta musik di Kabupaten Kebumen. Selama ini, pemilik nama lengkap Prattyoda Bhayangkara Bhirawida itu dikenal sebagai vokalis Today Band. Bisa dipastikan banyak Oda Lover’s sebutan bagi penggemarnya, memadati setiap band yang digawanginya naik panggung.

Menyadari bakat berupa suara yang Indah itu, Oda yang 9 Februari lalu baru merayakan ulang tahun ke-25 bertekad hidup di jalur musik. Demi mewujudkan cita-citanya menjadi seorang penyanyi, bermodal keyakinan, Oda bersaing dengan puluhan ribu remaja di Indonesia, mengikuti audisi Indonesian Idol musim ke tujuh ini.

Awalnya dia mengikuti audisi lokal Yogyakarta di Jogja Expo Centre (JEC) 14-15 Januari lalu. Namun karena kelebihan kuota panitia menolaknya. Akhirnya dia langsung mengikuti audisi di Jakarta di JIEXPO pada 27 Januari. Dalam audisi lokal itu, remaja berambut gondrong yang tinggal di Kampung Prumpung, Kelurahan Bumirejo, Kebumen bersaing dengan sekitar 15.000 pendaftar.

Siap Mental

Padahal dari jumlah itu hanya disaring menjadi 100 orang. “Dari jumlah itu, kemudian disaring lagi menjadi 50 orang dan diseleksi lagi menjadi 30 orang,” ujar Oda dalam perbincangan dengan Suara Merdeka, kemarin.

Alumnus SMA Negeri 2 Kebumen itu bersyukur, dirinya salah satu di antara 30 peserta yang lolos audisi lokal Jakarta. Perjuangan belum berakhir, karena dia harus melangkah untuk bersaing dengan seluruh peserta yang lolos dari audisi di seluruh Indonesia. Meliputi Palembang, Manado, Ambon, Padang, Medan, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta.

Adapun dari seluruh audisi di sejumlah kota itu, terpilih 109 orang yang ikut seleksi selanjutnya yang disebut Golden Tiket. Kali ini mereka secara langsung dinilai oleh tiga dewan juri yakni Anang Hermansyah, Ahmad Dhani dan Agnes Monica.

“Deg-degan juga harus menyanyi di hadapan penyanyi-penyanyi hebat Indonesia,” imbuhnya.

Tahap demi tahap dilalui, mulai 30 besar, 27 besar, sampai akhirnya mantan vokalis Male Rose dan D’ Jas itu dinyatakan tembus hingga 15 besar. Dengan optimisme yang besar, putra ketiga dari empat bersaudara pasangan J Hendro Kusmani dan Lily Sri Awansih itu siap mengikuti seleksi untuk meraih 12 besar dan mendapatkan tiket ke spektakuler.

“Jalan masih panjang, saya harus persiapan mental dan banyak latihan,” ujarnya seraya dirinya ingin membawa nama baik Kebumen.





Seputar Band'nya = Today Band
" Today band ini berdiri pada bulan Februari tahun 2009. Today mempunyai arti filosofi yaitu “dimanapun kita berada, saat itu juga kami memberikan yang terbaik buat semua penikmat dan pengamat musik”. Memang Today ini tergolong band yang masih muda, tetapi anggota Today sendiri sudah exist di dunia musik Kebumen sejak sekitar tahun 2002 / 2003. Pada awalnya personel Today sendiri adalah Oda (Vocal), Dayat / Day’s (Gitar), Kipli / Ayi (Bass), Fuad / Fu (Drum),Gilang (Gilang), Chandra (additional keyboard) personel-personel Today sendiri dulunya mempunyai band masing-masing, seperti Oda di D’jas, Day’s di Male Rose, Fu di Male Rose, Kipli di Spasi, Gilang di JC.
    Pada awal tahun 2008, ketika itu salah seorang dari kami, yaitu Day’s mengajak kami untuk mengikuti salah satu event musik nasional yang diadakan oleh salah satu merk rokok terkenal, dan event itu bersyarat membawakan lagu sendiri. Dari situlah kami memutar otak membuat ramuan musik dan lantunan lirik yang komersil, tapi syarat dengan standar skill. Alhasil Today sukses lolos ke 20 besar final regional JATENG - DIY setelah diseleksi dari kurang lebih 3.000 band diseluruh JATENG - DIY. Adapun para juri yang menyeleksi tersebut adalah orang-orang label ibukota dan para musisi top Indonesia. Hal tersebut membuat kami makin percaya diri dan membuat suatu komitmen kuat dalam band ini. Seperti Oda yang masih aktif dalam D’jas pun rela menomor satukan Today, walaupun dia masih sering menjadi additional band-band berkelas di Kebumen. Fuad sendiri yang masih exist dalam Male Rose pun percaya bahwa Today adalah band yang dapat menjadi wadah terbaik bagi Fuad. Akan tetapi pada pertengahan 2009 dalam tubuh Today sendiri terjadi sedikit problem antar personel. Salah satu personel band yaitu Gilang mempunyai pandangan yang berbeda dengan personel lain, hal itu menyebabkan para personel lain melepas Gilang dengan alasan tersebut. Sesudah kejadian itu, kami merasa membutuhkan player pengganti, dan dipilihlah Bryan sebagai gitaris pengganti Gilang tersebut. Bryan sendiri memiliki kriteria-kriteria yang dibutuhkan oleh Today."
Kalo menurut penulis, Band ini cukup menjanjikan sesuatu yang baru dan punya keyakinan penuh akan kesuksesan Band ini dimasa yang akan datang. Semoga langkagnya selalu pasti beranjak dari satu kesuksesan ke kesuksesan yang lain. AMIEN.
Lagu-lagu andalan TODAY bisa diunduh di link dibawah ini, sekedar saran, penulis sangat menyukai lagu yang judulnya BUKAN HANYA DIA, musiknya fresh dan warna vokal dari vokalisnya mantab dan juga mainnya 'clean'. Sebenarnya penulis tidak begitu tahu musik tapi secara universal, TODAY BAND SANGAT LAYAK DENGAR !




(sebagian) Link Lagu TODAY BAND  :
BUKAN HANYA DIA

TERUS TERLUKA

CINTA TAK HARUS MILIKI

HAPUS BAYANGMU






Today band ini berdiri pada bulan Februari tahun 2009. Today mempunyai arti filosofi yaitu “dimanapun kita berada, saat itu juga kami memberikan yang terbaik buat semua penikmat dan pengamat musik”. Memang Today ini tergolong band yang masih muda, tetapi anggota Today sendiri sudah exist di dunia musik Kebumen sejak sekitar tahun 2002 / 2003. Pada awalnya personel Today sendiri adalah Oda (Vocal), Dayat / Day’s (Gitar), Kipli / Ayi (Bass), Fuad / Fu (Drum),Gilang (Gilang), Chandra (additional keyboard) personel-personel Today sendiri dulunya mempunyai band masing-masing, seperti Oda di D’jas, Day’s di Male Rose, Fu di Male Rose, Kipli di Spasi, Gilang di JC.
    Pada awal tahun 2008, ketika itu salah seorang dari kami, yaitu Day’s mengajak kami untuk mengikuti salah satu event musik nasional yang diadakan oleh salah satu merk rokok terkenal, dan event itu bersyarat membawakan lagu sendiri. Dari situlah kami memutar otak membuat ramuan musik dan lantunan lirik yang komersil, tapi syarat dengan standar skill. Alhasil Today sukses lolos ke 20 besar final regional JATENG - DIY setelah diseleksi dari kurang lebih 3.000 band diseluruh JATENG - DIY. Adapun para juri yang menyeleksi tersebut adalah orang-orang label ibukota dan para musisi top Indonesia. Hal tersebut membuat kami makin percaya diri dan membuat suatu komitmen kuat dalam band ini. Seperti Oda yang masih aktif dalam D’jas pun rela menomor satukan Today, walaupun dia masih sering menjadi additional band-band berkelas di Kebumen. Fuad sendiri yang masih exist dalam Male Rose pun percaya bahwa Today adalah band yang dapat menjadi wadah terbaik bagi Fuad. Akan tetapi pada pertengahan 2009 dalam tubuh Today sendiri terjadi sedikit problem antar personel. Salah satu personel band yaitu Gilang mempunyai pandangan yang berbeda dengan personel lain, hal itu menyebabkan para personel lain melepas Gilang dengan alasan tersebut. Sesudah kejadian itu, kami merasa membutuhkan player pengganti, dan dipilihlah Bryan sebagai gitaris pengganti Gilang tersebut. Bryan sendiri memiliki kriteria-kriteria yang dibutuhkan oleh Today.
    Hal tersebut dilakukan agar Today tetap exist di industri musik dengan atau tanpa personel semula / awal. Perkembangan Today ini sendiri cukup pesat, band yang terhitung baru ini dapat membuat 1 album dalam waktu kurang dari 1 tahun. Today juga lumayan dikenal di dunia maya, yaitu dalam wadah facebook yang saat ini cukup ngetrend, Today sudah memiliki anggota / fans lebih dari 2.000 orang. Lagu-lagu Today pun sudah di download oleh ratusan anggota, dan rata-rata anggota memberi komentar positive. Itulah sekilas tentang Today, semoga short story ini dapat memberikan informasi dan inspirasi kepada kita semua.
    Salam dari Today untuk hari ini...

Oda


Nama     : Prattyoda Bhayangkara (Oda)
TTL        : Kebumen, 9 Februari 1987
Alamat    : Jl. HM. Sarbini 76, Prumpung, Kebumen 
Posisi     : Vocalist
Musisi Fave    : John Mayer,steven tyler,jim morrison
Story :
Berawal dari iseng mencoba berkumpul genjrang genjreng bermain musik,oda memulai
mengasah bakat nyanyinya bersama band Malerose dari kebumen...
dari situ karna oda sendiri kuliah dijogjakarta dia bergabung dengan band refresh top40 yg notabennya band café...
dari situ juga dia timbul inspirasi buat lagu sendiri dan bergabung dengan band kota asalnya kebumen yaitu TODAY band yg notabenya adalah band dengan lagu sendiri ciptaan para personil today sendiri...dan odapun resmi memantapkan pilihan bandnya di Today sesuai karakter suaranya....sekian kisah oda dlm karir bermusiknya..

Day's


Nama     : Wahyu Hidayat (Day’s)
TTL        : Kebumen, 24 06'
Alamat   :
Phone    :
Posisi     : Gitarist
Musisi Fave    :Pearl Jam

Story :
Berawal dari seorang pemain bass yg bergabung dalam home band maestro café di kebumen,dia kemudian hengkang ke band malerose yg notabenya band top40  juga tetapi dia di malerose alih profesi menjadi seorang gitaris..sampai terkenal sebagai gitaris dari banyaknya referen yg dia dapat dari bermain bersama malerose diapun coba coba bikin lagu sendiri membentuk band TODAY dan merekrut personil dari bibit bibit berbakat di kebumen...disitu dia mulai eksis membawa today band masuk kompetisi AMILD WANTED regional jogja dengan dua buah lagu andalanya...
sekian kisah karir bermusik seorang DAYAT gitaris TODAY BAND..

Ayi (qply)


Nama     : Nasrul Maarif (Ayi / Q_ply)
TTL     : Kebumen, 2 Maret
Alamat     : Petanahan, Kebumen
Phone     : 0819891705
Posisi     : Bassist
Musisi Fave    : Creed, Aerosmith, Pearl Jam, RHCP, Bon Jovi, Firehouse
Reference    : Creed,Aerosmith

Story :
Salam
Berawal dari iseng-iseng main gitar, bassist yang satu ini dulunya mempunyai banyak sekali grup band. Sejak awal SMP Ayi sering ngeband bareng temen-temen SMPnya, sampai-sampai dia sering dimarahin ortunya gara-gara jarang belajar dan main gitar tiap hari. Dulunya Ayi menjadi gitaris dalam bandnya waktu SMP kelas 1 sampai dengan SMA kelas 2. Dalam kurun waktu itu dia mempunyai beberapa band. Dan pada waktu kelas 2 SMA atau sekitar tahun 2005 Ayi diajak gabung bareng SPASI band, akan tetapi kali ini dia bukan sebagai gitaris, melainkan menjadi bassist. Awalnya juga kesulitan dalam mempelajari bass, akan tetapi setelah berlatih beberapa bulan dia dapat menguasainya dan mendapat beberapa gelar “the best bassist” pada waktu itu. SPASI sendiri juga sering menjadi Guest Star dalam acara-acara tertentu, dan namanya cukup dikenal pada waktu itu, dan Ayi pun sering menjadi player cabutan band-band lain di Kebumen, seperti Male Rose, Red Carpet, bahkan menjadi additional band-band recording di Kebumen.  Akan tetapi seiring berjalannya waktu SPASI akhirnya bubar pada sekitar tahun 2008, karena masing-masing personelnya memilih bekerja di bidang lain selain musik. Ayi pun sempat vacuum beberapa waktu saat itu, akan tetapi yang namanya jiwa musik sejati tak akan pernah padam walau terjadi apapun pada diri dan bandnya. Nah pada awal tahun 2009, Dayat dkk mengajak Ayi untuk kembali bermusik, tapi kali ini format, visi, misi, dan komitmen yang diberikan oleh Dayat lain, yaitu band yang membuat dan membawakan lagu-lagu ciptaan sendiri. Ayi pun setuju dan bergabung dalam TODAY. Dan sampai sekarang ini Ayi masih tetap menjadi bassist TODAY dan menciptakan beberapa lagu untuk TODAY. Ini sekilas kisah tentang Ayi/Q_ply bassist TODAY,



Spektakuler Kan ? [[ Adhi Setia Putra Asp ]]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar