Rabu, 21 Maret 2012

Hewan dengan Tiga Kelopak Mata

Hewan Dengan Tiga Kelopak Mata (Nictitating Membrane) Adalah sebutan untuk kelopak mata ketiga yang sebenarnya ada di setiap hewan, terutama dari jenis burung, reptil dan ikan. Kelopak mata ini berbentuk membran transparan yang berfungsi untuk menyapu mata secara cepat guna melindunginya dari ancaman lingkungan atau untuk membasahi bola mata secara cepat.

Hewan dengan Tiga Kelopak Mata

Kelopak mata pertama dan kedua bergerak ke atas dan ke bawah, sedangkan kelopak mata ini bergerak mendatar, tegak lurus dari kelopak mata pertama dan kedua. Beberapa hewan, menggunakan kelopak mata ketiga ini untuk tujuan yang lebih penting, yaitu melindungi mata saat bertarung, ataupun sebagai “kaca mata renang”. Hewan-hewan yang disebutkan di sini adalah hewan yang menggunakan kelopak mata ketiganya secara lebih intens dan optimal.

1. Elang dan Burung Hantu

Hewan dengan Tiga Kelopak Mata

Hewan Elang dengan Tiga Kelopak Mata

Elang dan burung hantu merupakan satu keluarga burung pemangsa. Burung ini menggunakan kelopak mata ketiganya untuk melindungi mata saat bertarung, ataupun saat menerkam mangsanya.

2. Hiu

Hiu dengan Tiga Kelopak Mata

Ikan pemangsa ini juga punya kelopak mata, tidak seperti hewan lain dalam trit ini, kelopak ini bukanlah kelopak mata ketiga, tetapi modifikasi selaput mata untuk melindungi mata saat merobek-robek mangsanya. Hampir semua hiu memiliki kelopak mata ini.

3. Buaya

Hewan dengan Tiga Kelopak Mata

Buaya merupakan reptil hidup terbesar di dunia, dari total 23 spesies yang masih ada, buaya muara merupakan spesies yang paling terkenal, juga terbesar. Buaya menggunakan kelopak mata ketiganya ini terutama saat menyelam. Saat bertarung, mata buaya mampu masuk ke dalam tengkorak kepalanya, dan terlindung sempurna, sehingga kelopak mata ketiga tidak dipakai saat bertarung, atau bergelut dengan mangsa.

4. Burung-burung Air

Hewan dengan Tiga Kelopak Mata

Beberapa burung air mempunyai kelopak mata ketiga, kenapa? karena mereka harus mampu melihat walaupun ada di dalam air, saat menyelam dan menangkap ikan. Contohnya bebek, bangau, pelikan, angsa, dsb.

5. Katak

Katak, Hewan dengan Tiga Kelopak Mata

Katak Hewan dengan Tiga Kelopak Mata

Ya, katak, semua katak menggunakan kelopak mata ketiganya secara optimal. Katak mempunyai sistem pernafasan kulit mengharuskan bagian tubuhnya selalu lembab, terlebih lagi area mata. Sehingga, kelopak mata ini menjadi bagian penting bagi katak untuk bisa melembabkan matanya. Pola kelopak mata ketiga ini bermacam, kadang polos (transparan), kadang mempunyai pola yang indah.

Ayam!!

Ayam, Hewan dengan Tiga Kelopak Mata

Ya, ayam juga memiliki kelopak mata ketiga, jadi kalau agan sekalian mau membuktikan adanya kelopak mata ke tiga, coba lihat ke ayam peliharaan agan-agan sekalian!

Tambahan

Kura-kura

Hewan dengan Tiga Kelopak Mata

source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9195656

Tidak ada komentar:

Posting Komentar