Sabtu, 10 Maret 2012

7 Gangguan Tidur Yang Bisa Merugikan

Susah Tidur
Kamu sering merasa susah tidur akibat terlalu letih bekerja atau kamu sering terbangun malam malam dan gak bisa tidur lagi harus kamu ketahui bahwa ganguan tidur mungkin nampak sepele bagi kamu namun jika ini terus terjadi mungkin akan mengangu mengganggu produktivitas, psikologis, dan kesehatan secara menyeluruh.
Alangkah baiknya kamu mengenal 7 ganguan tidur berikut ini seperti yang palingseru.com kitip dari vivanews.com mau tahu ganguan tidur apa aja itu simak berikut ini.
1. Insomnia
Orang yang menderita insomnia memiliki kesulitan dalam merangsang tubuh untuk tidur. Gangguan tidur ini paling lazim terjadi, bersifat transisional atau primer.
Insomnia transisional merupakan gangguan tidur yang umumnya dipicu stres akibat aktivitas yang padat. Ketika stres sudah teratasi, gangguan tidur pun sirna. Sedangkan insomnia primer memiliki pengaruh jangka panjang dan sulit diobati.
Insomnia memiliki dampak negatif pada suasana hati dan konsentrasi. Perubahan ke gaya hidup sehat dan menjaga kondisi psikologis dapat membantu mengatasi kondisi ini.
2. Sleep Apnea
Kondisi ini ditandai dengan kesulitan bernapas saat tidur sehingga memengaruhi kualitas tidur. Bagi penderita, sangat disarankan untuk memeriksakan kondisi tubuhnya, karena kondisi ini biasanya berkaitan dengan penyakit paru-paru, tekanan darah tinggi, bahkan depresi.
3. Periodic Limb Movement Disorder (PLMD)
Sering mengalami gerak spontan saat tidur? Itu pertanda Anda menderita PLMD. Orang yang menderita kondisi ini memiliki kesadaran sedikit tentang kondisinya. Orang-orang terdekatlah yang biasnaya pertama mengetahuinya.
Kondisi ini dapat diobati dengan obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan penyakit Parkinson. Stimulan seperti alkohol dan kafein dapat memperburuk gejala ini.
4. Restless Legs Syndrome
Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya sensasi yang tidak lazim di kaki sehingga Anda terdorong untuk mengerakkan kaki secara terus menerus. Mereka yang mengalami kondisi ini memiliki intensitas gerakan yang berbeda-beda.

5. Narcolepsy

Orang yang mengalami kondisi ini biasanya akan merasa sangat mengantuk di siang hari dan hanyut dalam tidur siang selama berjam-jam. Mereka dapat mengalami ‘kelumpuhan’ saat tertidur pulas. Konsumsi antidepresan, perubahan gaya hidup, dan menjaga kondisi psikologis sangat membantu.
6. Sleep Walking
Kondisi ini biasanya ditandai dengan tidur sembari melakukan aktivitas yang lazim dikerjakan saat sadar seperti berjalan, menyikat gigi, atau keluar dari rumah. Mereka cenderung tidak menyadari apa yang mereka lakukan hingga orang lain memberitahu mereka.
7. Delayed sleep phase disorder
Orang dengan kondisi ini membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur, akibatnya mereka sulit bangun pagi. Dikata normal jika mengalaminya sesekali. Namun, perlu mendapat perhatian serius jika mengalaminya setiap hari. Gejala gangguan ini biasanya dimulai pada masa kecil atau masa remaja.



[[ Adhi Setia Putra Asp ]]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar