Minggu, 11 Maret 2012

10 Labirin Terbesar Dan Paling Rumit Di Dunia

Pasti kamu sudah tahu apa itu labirin ya bentuk nya yang rumit kadang bisa membuat kita tersesat di dalamnya, Labirin sudah ada sejak jaman yunani kuno dulu Labirin di bangun oleh dewa Daedalus (dewa kerajinan) untuk memenjarakan Minotaur. Namun labirin yang saat ini ada biasa di bangun sebagai taman bermain dan karya seni nah berikut ini ada  10 Labirin Paling Besar dan Rumit di Dunia salah satunya ada di indonesia lho kamu mau tahu labirin apa aja itu simak berikut ini.
1. Longleat Hedge Maze (UK)

Labirin di tempat ini disebut-sebut sebagai labirin terpanjang di dunia. Dibuat oleh Greg Bright di tahun 1975, meliputi area seluas 0,6 hektar, dengan total jalur di dalamnya sepanjang 2,72 kilometer. Uniknya, di tengah-tengah terdapat jembatan sehingga kita bisa melihat bentuk labirin tersebut dari ketinggian.
2. Reignac-sur-Indre Maze (France)

Labirin Reignac-sur-Indre terletak di Touraine, mulai dibuat pada tahun 1996 dengan luas sekitar 4 hektar. Bentuknya yang melingkar mengingatkan kita pada fenomena crop-circle. Setiap tahun ada sekitar 85.000 wisatawan mengunjungi tempat ini.
3. York Maze, a Star Trek tribute (UK)

Terdiri atas 1,5 juta tanaman di atas lahan seluas 13 hektar untuk membentuk labirin di York ini. Kabarnya, rancangan labirin ini menggunakan teknologi via satelit, sehingga untuk merubah atau memindahkan jalurnya bisa seakurat mungkin. York Maze tercipta berkat kreasi Tom Pearcy guna memperingati Star Trek ke-40.
4. Ashcombe Maze (Australia)

Labirin Ashcombe ini lokasinya ada di Shoreham, bagian timur Mornington Peninsula, Victoria. Tinggi jalur labirinnya 3 meter dengan lebar jalur 2 meter. Di tempat ini juga ditanam 217 jenis bunga mawar, sehingga bisa menjadi tempat favorit pecinta mawar. Atau kamu punya rencana memberi mawar untuk orang tersayang? Silahkan ke Ashcombe dan pilih sendiri mawarmu.
5. Pineapple Garden Maze (Hawaii)

Sekarang kita ke Hawaii, tepatnya di Wahiawa. Di tempat ini ada labirin dengan jalur rumit sepanjang 3 mil, terbuat dari 14.000 jenis tumbuhan yang ada di Hawaii seperti hibiscus, croton, panax, heliconia, bahkan nanas! Tak heran, labirin ini tercatat di Guinness Book of Records 2001.
6. Snake Maze (UK)

Michael Blee (62 tahun) menghabiskan waktu beberapa bulan menciptakan 2,5 hektar bentuk labirin di Gore Farm, Upchurch, dekat Rochester, Kent. Tampaknya, Snake Maze merupakan labirin paling rumit yang pernah dibuat oleh Tuan Blee ini. Maklum, ia dikenal sebagai pencipta wahan labirin di daratan Inggris.
7. Il Labirinto (Italia)

Wow, labirin ini sudah ada sejak awal tahun 1700-an, terletak di kota Stra, dekat Venice. Tepatnya di wilayah Villa Pisani. Menurut kisah, di tahun 1807 Napoleon pernah hilang di sini.
8. Peace Maze (Irlandia)

Labirin yang resmi dibuka tahun 2001, mencakup wilayah seluas 1,1 hektar dengan panjang jalur 3.147 meter. Dibuat dengan 6000 batang pohon yew, dan ditanam oleh masyarakat di Irlandia bagian utara.
9. Hampton Court Maze (UK)

Mungkin labirin ini paling terkenal di Inggris. Tumbuhan yang ada sudah ditanam sejak jaman William of Orange antara tahun 1689 – 1695 oleh George London dan Henry Wise. Melingkupi wilayah seluas 1.350 meter persegi, dengan panjang jalur sekitar 0,8 km.
Labirin Hampton Court pernah dimuat dalam novel “Three Men in a Boat” karangan Jerome K.
10. Labirin di Indonesia

ndonesia juga punya labirin, yaitu Labirin Taman Bunga Nusantara di Cipanas. Di tempat ini ada menaranya, sehingga kalau kita tersesat bisa minta bantuan.


[[ Adhi Setia Putra Asp ]]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar