Selasa, 14 Februari 2012

Amerika Serikat Dan Eropa Sahkan Google Motorola.

Pengatur kebijakan di Amerika Serikat telah menyetujui akuisisi senilai US$12,5 miliar, yang dilakukan Google terhadap Motorola Mobility. Pengesahan ini didapat beberapa jam setelah sebelumnya juga disahkan oleh Pengatur Kebijakan di Eropa.

Seperti dikutip dari laman BBC, kesepakatan antara Google dengan Motorola dianggap Komisi Eropa tidak mengganggu persaingan pasar untuk sistem operasi untuk perangkat mobile. 

Walau begitu, AS dan Eropa tetap akan melakukan pengawasan terhadap perusahaan. Selain itu, penggunaan paten yang dilakukan pesaing mereka juga ikut diawasi.

Setelah mengambil alih Motorola, Google memang berhak menggunakan 17.000 paten yang dimiliki Motorola Mobility.

Walau mendapat persetujuan Eropa dan AS, kesepakatan ini tetap membutuhkan pengesahan dari Cina, Taiwan, dan Israel.

Komisioner Kompetisi Uni Eropa, Joaquin Almunia, mengatakan bahwa kesepakatan Motorola Mobility dengan Google tidak mengancam persaingan. "Tapi Komisi Eropa tetap menjaga mata dengan perilaku pemain pasar di berbagai sektor, terutama dalam meningkatkan strategi penggunaan paten," ucapnya.

Pernyataan Almunia ini bertolak belakang dengan kenyataan yang ada. Sebab bulan lalu, Komisi Eropa melakukan investigasi terhadap Samsung yang menggunakan paten kuncinya dalam melemahkan pesaing mereka. Tonggak Penting
Menanggapi ini, Vice President Google, Don Harrison mengatakan pengesahan dari Uni Eropa merupakan tonggak penting bagi perusahaan. "Kombinasi Google dan Motorola Mobility akan sangat meningkatkan Android," ucap Harrison.

"Ini juga akan menggairahkan persaingan dan menawarkan konsumen inovasi yang lebih cepat, pilihan yang lebih hebat, dan pengalaman penggunaan yang menarik," lanjutnya.

Kesepakatan Google dan Motorola Mobility memang menimbulkan pertanyaan untuk masa depan Android: Apakah Google tetap menjadikan Android sebagai sistem operasi terbuka yang bisa digunakan di perangkat selain Motorola, misalnya HTC dan Samsung?

Google sendiri berkali-kali menjamin Android akan menjadi sistem operasi terbuka. Kesepakatan dengan Motorola Mobility juga disebut untuk strategi bisnis lain, dan tak terkait Android.

Mengenai ini, Komisi Eropa pun mengamini pernyataan Google. "Ini tidak menjadikan Google membatasi penggunaan Android terbatas hanya untuk Motorola, pemain minor di Area Ekonomi Eropa."

ADHI SETIA PUTRA ASP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar